Mysterious Road di Pulau Jeju- Ada apa ya kira-kira ?

Di Pulau Jeju, Korea Selatan terdapat satu jalan bernama Mysterious Road. Kabarnya, jalanan ini membuat mobil-mobil bisa berjalan sendiri. Padahal jalanannya menanjak loh,GADIS dan IYAA.com mendatangi jalanan tersebut pada akhir November 2012 lalu untuk membuktikan hal tersebut.


Mysterious Road ini terletak di bukit di bawah kaki gunung dan menghubungkan dua jalan utama di Pulau Jeju. Menurut pemandu GADIS di Korea Selatan, Mr. Dani, kemisteriusan jalanan ini dimulai sekitar 30 tahun lalu. “Saat itu ada pasangan pengantin baru yang ingin berfoto. Mereka memarkir mobilnya di jalanan tersebut. Saat mereka selesai foto, mereka kaget karena mobil mereka jalan sendiri dan pindah lokasi. Padahal mesin mobil mati dan jalanan menanjak,” ucap Mr. Dani. Saat itu, sang pengantin baru tersebut langsung berpikiran bahwa jalanan tersebut berhantu. Hiiyy…

Ketika Mr. Dani menyelesaikan ceritanya, bus yang GADIS tumpangi sampai di jalanan yang dimaksud. Untuk membuktikan hal tersebut, supir bus pun mematikan mesinnya dan… benar saja, bus tetap melaju di jalanan yang menanjak tersebut. GADIS dan semua penumpang bus terkesima. Untuk lebih meyakinkan lagi, bus berhenti dan Mr. Dani menuangkan air di jalanan tersebut. Ajaibnya, air yang biasanya mengalir ke bawah, terlihat mengalir ke atas ke arah jalanan yang menanjak.

Fenomena ini membuat jalan yang dalam bahasa Korea bernama jalan Dokkaebi ini popular. Banyak turis berdatangan hanya untuk membuktikan kemisteriusan jalanan ini. Padahal fenomena ini bisa dijelaskan dengan akal sehat. Menurut Official Site of Korea Tourism (http://www.visitkorea.or.kr/) objek atau cairan yang terlihat menanjak dan bukan menurun itu bisa terlihat sebagai ilusi optikal karena jalanan tersebut dikelilingi dataran tinggi. Dengan kata lain, mata kita melihat jalanan tersebut menanjak, padahal sebenarnya tidak.

Sumber :

http://www.gadis.co.id

Leave a comment